Rubrik

‘Ngaji’ Kebutuhan Gizinya Hamba Allah

Apakah abang kakak tahu? Bahwa selama ini gizi yang kita butuhkan sebagai hamba Allah ialah ‘Ngaji’. Mungkin para Ilmuan Kesehatan beranggapan bahwa gizi yang dibutuhkan manusia ialah protein, mineral, atau yang kita kenal dengan 4 sehat 5 sempurna, yaa memang ada benarnya sih para Ilmuan Kesehatan tersebut.

Tapi, mari kita memandangi hal tersebut dari dua sisi yuk abang kakak. Jikalau dari segi Ilmuan Kesehatan gizi yang dibutuhkan manusia seperti ulasan di atas, tapi jikalau dari sisi hamba Allah gizi yang kita butuhkan sebagai umatnya ialah ‘Ngaji’. Pasti abang kaka bertanya-tanya? Apa betul demikian?

Mari simak penjelasannya yuk, jadi begini abang kakak Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin. Oleh karena itu, ada banyak keutamaan membaca Alquran bagi orang muslim yang mengerjakannya. Selain akan mendapatkan pahala, tentunya ada banyak kebaikan lain yang dimiliki Alquran.

membaca Alquran juga termasuk dalam ibadah paling utama di antara ibadah-ibadah yang lain. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi).

Menurut para ulama tafsir, adanya perintah menyimak bacaan Alquran berarti juga adanya perintah untuk membaca Alquran. Sebab, jika mendengar saja sudah mengundang rahmat bagi yang mendengarkannya, apalagi membacanya dengan rutin. Wah gizi yang enak kan abang kakak? Ini namanya Buy 1 get 2 hehe.

Dalam membaca Al-Quran tentu abang kaka tahu dong manfaatnya banyak kan? Mari kita detailkan secara rinci beberapa manfaat yang mungkin abang kaka baru mengetahui. Diantaranya ialah bercahayanya hati kita di hari kiamat kelak, menjadi keluarga Allah, diberi balasan terbaik dan masih banyak yang lainnya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Beliau ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah,’. Beliau menjawab: ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Dari Abu Sa‘id, Rasulullah SAW berkata bahwa Allah SWT berfirman: “Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Alquran hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR Baihaqi).

Nah, jadi abang kakak sudah tahu kan banyak manfaatnya jika kita membaca Al-Quran? Manfaat ‘Ngaji’ itulah yang menjadi ‘Gizi’ kita di Akhirat kelak.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button