Rubrik

Kerjaannya Dakwah

Kerja dakwah mestilah harus berfokus hanya pada amal kebaikan, pelakunya harus berlaku salih, yang baik dan membaikkan dalam tiap keadaan. Baik itu dalam keadaan lapang maupun sempit.

Oleh karena itu dia menumbuhkan, kalau baik dan membaikkan, sifatnya bertumbuh.

Maka pada saat Raja Romawi berjumpa Abu Sufyan di Illiya menanyakan, apakah pengikut Rasulullah berkurang atau bertambah?.

“Terus Bertambah” jawab Abu Sufyan. Sebagaimana Imam Bukhari meriwayatkan, Mengapa? Karena Rasulullah membibitkan Iman, yang mentunaskan keikhlasan, seterusnya pepucuk amal salih tumbuh.

Pada sinar iman yang sama, dalam kebaikan yang seiring, pepucuk akan saling silang menyilang, merajut kerindangan, mengikat keakraban.

Yang akrab, akan mudah saling ingat mengingatkan. Yang fokusnya pada amal salih, yang diperhatikan adalah hadirnya keikhlasan. Ada kekurangan, tak akan ragu memperbaiki. Ada ide kebaikan, segera dimusyawarahkan. Ada amal-amal kebaikan, terus bersungguh mengerjakan.

Oleh karena itu dia melakukan pergerakkan. Pergerakan melahirkan kemajuan, Kemajuan memungkinkan pencapaian. Pencapaian akan segera mengumpulkan kebaikan-kebaikan. Orang- orang yang ingin membaikkan diri, akan mendekat.

Kerja-kerja dakwah itulah yang saya lihat dikerjakan oleh para pengurus masjid Munzalan. Amat terasa dari semua pencapaian yang saat ini amat wangi di dunia dakwah Kalimantan Barat ini. Diantara anak – anak muda KH. Luqmanulhakim Ashabul Yamin mewujudkan apa yang dinasihatkan Allahuyarham Uti Konsen pada kami “kitak (artinya kalian) buktikan lok dalam amal – amal nyate, nanti orang akan mengikut”.

Alhamdulillah dapat berfoto dengan Da’i muda dengan segudang pencapaian ni pada Sabtu 11/7 ba’da Dzuhur. Dan diajak bung Beni Sulastiyo keliling Gerakan Dakwah, yang berwujud Sosial, Pendidikan dan usaha Berbasis Masjid.

Jalan berkah bersama Dewi Kurniaty
(Facebook Agus Kurniawan )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button