Rubrik

Hukum Pacaran Dalam Pandangan Islam

Pacaran bisa dibilang menjalin kasih pada suatu hubungan yang di mana dalam negara dan agama Islam belum sah atau belum resmi, dari segi surat maupun ijab kobul.

Di Indonesia, orang yang berpacaran masih banyak kita temui pada muda mudi yang tidak memperhatikan atau tidak memedulikan bagaimana hukumnya dari segi agama dan budaya Indonesia.

Maraknya pasangan yang belum sah atau pacaran yang digrebek oleh petugas keamanan atas tindak asusilanya di hotel atau kos-kosan, menandakan negara Indonesia tidak membenarkan tindakan tersebut.

Lalu bagaimana dalam sudut pandang Islam? Bisa kita lihat dalam beberapa dalil yang sangat jelas melarang pacaran karena mendekati zina.

Perlu diketahui, zina tak hanya sebatas berhubungan badan dalam pergaulan bebas, lebih dari itu, dalam agama Islam pengertian zina sangat luas.

Lalu, apa saja kegiatan pacaran yang mendekati zina dalam pandangan Islam? Di antaranya ialah saling memandang, merajuk atau manja, (berpegangan tangan, berpelukan, berciuman, berdua–duaan, dll.).

Dari Ibnu Abbas ra dikatakan: “Tidak ada yang ku perhitungkan lebih menjelaskan tentang dosa–dosa kecil dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasullulah SAW berkata: “Allah telah menentukan bagi anak Adam baginya dari zina yang pasti dia lakukan. Zinanya mata adalah melihat (dengan syahwat), zinanya lidah adalah mengucapkan (dengan syahwat), zinanya hati adalah mengharap dan menginginkan (pemenuhan nafsu syahwat), maka farji (kemaluan) yang membenarkan atau mendustakanya.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Kegiatan pacaran yang mendekati zina tersebut juga dijelaskan dalil oleh beberapa hadits dan ayat Al–Quran, salah satunya seperti :
“Janganlah seorang laki–laki berdua–duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Jadi sangat jelas, kan? Bahwa hal-hal yang mendekati zina, apa lagi “pacaran” yang belum sah atau bukan “mahramnya” sangat dilarang dalam Islam.****

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button