Rubrik

Hadiah Kemerdekaan untuk santri

Pagi hari jam 08.00, tanggal 17 Agustus 2020 tim Masjid Kapal Munzalan yang bekerja sama dengan BMI Cabang Kuburaya mengikuti upacara bendera di Pondok Pesantren Raudlatul Firdaus yang berada di desa Durian, Dusun Siak Alina, Kec. Sui Ambawang, Kab.Kubu Raya.

Pagi itu kegiatan diawali dengan upacara penaikkan bendera yang diikuti oleh seluruh santri, pengabdi dan para guru. Penaikan Bendera merah putih diikuti dengan penuh khidmat, karena kegiatan ini demi mengenang perjuangan para penduduk pribumi yang telah wafat dalam melawan penjajahan.

Setelah upacara bendera dilanjutkan dengan kegiatan lomba 17-an yang dipisah tempatnya antara muslim dan muslimahnya. Meskipun kegiatan yang menyambut kemerdekaan Indonesia, tetap menjunjung tinggi adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu menjaga mahramnya.

Kegiatan diikuti oleh santri dengan sangat kompetitif yang positif. Baik pengabdi di pondok pesantren tersebut dan santri yang masih belajar, semuanya bermain bersama dengan gembira.

Permainan pertama adalah estafet sarung, kemudian yang kedua adalah tarik tambang. Untuk kegiatan tarik tambang panitia yang dari Masjid Kapal Munzalan turut serta dalam kegaiatan tersebut. Pada pagi hari itu semua bermain dengan senang meskipun panasnya matahari menuju siang begitu panas, tetapi tidak mengendurkan semangat para generasi muda tersebut.

Acara berikutnya adalah makan bersama para santri 30 menit sebelum sholat Dzuhur, makan pada siang ini sungguh sangat nikmat. Bukan dikarenakan lauknya tetapi kebersaman dan tawa canda antara santri dan tim Masjid Kapal Munzalan yang makan duduk bareng menyatap makanan.

 Selepas Dzuhur dilanjutkan lagi dengan HUM² (Hadiah Untuk Muslim dan Muslimah) yaitu kegiatan membagikan hadiah untuk muslim dan muslimah. Namun sebelum HUM2 ada sedkiti quiz untuk yang bisa menjawab pertanyaan. Banyak sekali hadiah yang menarik diberikan dari Masjid Kapal Munzalan dan pimpinan Pondok Pesantren, sehingga menarik antusiasme dari seluruh peserta.

Ahmad Sumin, selaku staff program di BMI cabang Kubu Raya, mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini merupakan salah satu program yang baru saja launching yaitu HUM². Dimana awalnya HUM ini hanya untuk muslimah saja, tetapi sekarang ada juga hadiah untuk muslimnya. Hadiah yang diberikan berupa pakaian, sabun dan beberapa perlengkapan pribadi. Beliau juga menambahkan jumlah santri yang ada dipesantren ini terdapat 480.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button