Rubrik

Fenomena ala Gontor : Sistem

5.  Sistem pembelajaran yang detail dan sempurna

Tidak berlebihan jika para pengajar di PM Darussalam Gontor mengatakan bahwa pesantren itu adalah Sekolah Kehidupan. Aktivitas pendidikan bagi para santri berlangsung 24 jam dalam sehari bukan hanya 5-6 jam seperti di sekolah-sekolah biasa.

Sistem pendidikan di PM Gontor diselenggarakan dalam seluruh ruang dan waktu yang ada. Sistem itu diterapkan dan dikelola dengan sangat detail, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

DI Pondok itu, tidak ada satupun aktivitas yang lepas dari sistem pembelajaran dan pengajaran. Mulai dari bangun tidur, mandi, makan, belajar di ruang kelas, olah raga, melaksanakan ibadah shalat di masjid, istirahat, hingga tidur lagi.

6.  Sistem Manajemen yang Jenius

PM Darussalam adalah sebuah sekolah kehidupan yang berkembang by design, berkembang karena sejak awal direncanakan seperti itu. Mungkin belum ada sebuah organisasi yang mampu mendesain sebuah sistem yang sangat detail.

Selain itu, mungkin belum ada organisasi yang mampu menjalankan peraturan dengan sangat konsisten sepanjang waktu, sepanjang detik dan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.  Sulit untuk menjumpai organisasi dimana para pemimpin dan pengelolanya mengetahui secara persis berapa jumlah kelas, berapa jumlah pintu dan jendela, berapa jumlah kamar mandi hingga berapa jumlah keran air yang dimiliki oleh pondok.

Organisasi mana yang mampu mengatur kehidupan ribuan orang manusia yang mana sang pemimpin dapat mengetahui secara detail dan cepat apapun yang terjadi pada organisasinya.Sungguh  menakjubkan karena menyaksikan seluruh anggota organisasi begitu patuh dengan perintah dan arahan pemimpinnya.

Entah apa nama sistem manajemen yang diterapkan di Pondok ini. Namun yang pasti, manajemen Ponpes ini adalah sebuah sistem manajemen yang jenius yang di desain oleh orang-orang yang jenius pula.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button