Rubrik

Fenomena ala Gontor : Leadership

4.  Kesederhanaan dan Keikhlasan Total Sang Kyai (leadership)

Rabu malam, tanggal 9 juli rombongan sowan ke kediaman Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasy, salah satu Pimpinan PM Darussalam. KH. Abdullah Syukri adalah sosok yang sangat disegani oleh seluruh penghuni Pondok. Beliau adalah seorang intelektual muslim yang namanya bersinar tidak hanya di Indonesia tapi juga di Dunia.

Saat sampai di kediaman beliau, rombongan disambut oleh salah satu anak Pak Kyai. Namanya Ustadz Reza. Namun, rombongan tidak bisa berkunjung lama karena pada saat yang sama, Keluarga Kh. Abdullah Syukri ada acara. Maka, rombongan pun langsung berpamitan pulang.

Saat berpamitan, Istri KH. Abdullah Syukri, mengajak rombongan semua untuk menemui suaminya, KH Abdullah Syukri, yang sedang sakit paska mengalami operasi otak yang mengakibatkan hilangnya sebagian besar memori dan kontrol terhadap tubuhnya. 

Rombongan mencium tangan Pak Kyai yang sedang lemah di kursi rodanya itu. Walaupun dalam keadaan lemah, beliau dapat menatap rombongan dengan tajam. Rombongan tidak sanggup membalas tatapannya yang mengkilat menembus lorong jiwa rombongan. 

Tatapan seorang pemimpin pondok yang telah mendedikasikan 100 persen hidupnya untuk mendidik puluhan ribu santri. Rombongan tidak sanggup membalas pemilik sorot mata yang telah berhasil mencetak puluhan ribu ulama yang telah menyebar tak hanya di seluruh Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Rombongan tidak sanggup membalas pemilik sorot mata yang telah mendesain sebuah lembaga pendidikan yang menjadi salah satu kebanggaan ummat Islam dunia ini.

Sulit bagi rombongan untuk menggambarkan kekaguman rombongan dengan keluarga beliau. Tidak ada kata-kata yang bisa mewakili kekaguman rombongan dengan ibu Nyai. Sulit, sungguh sulit. Mereka begitu sederhana dan tulus sehingga membuat rombongan tidak sadar bahwa rombongan sedang berinteraksi dengan keluarga seorang ulama besar yang dikagumi dunia.

Ternyata inilah rahasia dibalik kehebatan PM Darussalam yang terkenal seantero jagad itu.  Filosofis ikhlas dan sederhana yang hebat itu telah dipraktekan terlebih dahulu oleh seluruh anggota keluarga KH. Abdullah Syukri Zarkasy. Beliau menerapkan filosofis itu secara total. Total se-total-totalnya.

Kesederhanaan dan keihklasan keluarga KH. Abdullah Syukri Zarkasy inilah yang menyinari kesederhanaan dan keikhlasan seluruh stakeholder Pondok, para ustadznya, para pengelola Ponpes, hingga para profesor doktor yang mengabdikan diri di Pondok itu lalu ditularkan kepada para santrinya. Sangat menakjubkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button