Dakwah adalah kewajiban umat muslim, kata dakwah itu berasal dari bahasa arab yang artinya seruan. Seruan itu berarti ajakan, panggilan.

Lalu siapa yang diajak atau dipanggil?

Ya ummat manusia, siapapun dia, apapun latar belakangnya, berapapun umurnya.

Untuk apa?

Untuk berbuat kebaikan, menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

Berbuat kebaikan, menjalankan perintah dan menjauhi larangan itu adalah amal kebaikan. Dalam bahasa Arab amal kebaikan bisa pula disebut dengan amal sholeh.

Dalam hal melakukan seruan atau dakwah tersebut, seluruh penggiat dakwah harus mengikuti perintah Allah yang termaktub dalam Surat An Nahl (16) ayat 125. Yaitu harus dengan hikmah, harus dengan cara yang baik.

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Di Munzalan, seluruh lembaga dakwah memiliki misi yang sama yaitu menyeru dan mengajak orang untuk berbuat baik dengan hikmah/ kebijaksanaan dan dengan cara yang baik. Sasaran dakwah dan tema ajakan kebaikan antar masing-masing lembaga itu memang berbeda-beda, namun semunya berada dalam satu kesatuan yang utuh.

Pengurus Masjid Kapal misalnya bertugas mengajak semua penggiat dakwah yang ada di lembaga-lembaga, dan masyarakat luas untuk melaksanakan sholat berjamaah, membangun kehidupan berjamaah, serta melakukan pendidikan secara umum lewat khutbah, kultum dan forum-forum kajian.

Lembaga amal sosial seperti Baitulmaal dan GIB mengajak semua orang untuk berinfaq, membayar zakat dan memberikan waqaf. Sementara Rumah Sehat Munzalan mengajak semua orang untuk melaksanakan amal kebaikan untuk menjalankan hidup sehat ala Rasulullah.

Jadi semua lembaga memiliki tugas yang sama yaitu mengajak semua orang untuk beramal sholeh. Yang berbeda hanya temanya saja.

Pada saat mengajak manusia untuk beramal kebaiakan itu, seluruh lembaga amal wajib menyampaikannya dengan penuh hikmah dan dengan cara yang baik dan saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

Seluruh lembaga dalam satu mata rantai yang sama dan saling menopang. Masjid menopang Baitulmaal, Baitulmaal menopang Masjid. Masjid menopang Rumah Sehat Munzalan, demikian pula sebaliknya. Seluruh lembaga berada dalam satu kesatuan aktivitas dakwah yang utuh dan menyeluruh. Inilah yang kami sebut dengan ekosistem Dakwah atau ekosistem amal sholeh.

Late Post

Copyright © 2020 | Masjid Kapal Munzalan | Munzalan News