Rubrik

Belajar dari Gontor

Pada tahun 2014, Gurunda Ustadz Luqmanulhakim mengajak beberapa penggiat dakwah mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo. Misi awal aktivitas ini adalah untuk mempelajari pengelolaan lembaga PAUD yang didirikan dan dikelola oleh keluarga KH. Abdullah Syukri Zarkasi, sekaligus meminta mandat pendirian sekolah PAUD tersebut di Pontianak.

Kegiatan study banding di PM Darussalam Gontor Ponorogo inilah yang kemudian menginspirasi kami untuk mendirikan Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamiiin (PMMAY).

Rombongan tersebut ada Bunda Bebby Nailufa (sekarang Anggota DPRD Kota Pontianak), Bunda Siti Rasminah/ Bunda Yaya (sekarang Kepala Sekaolah KB/TK PASAY), serta Chyntia Putri Army (Mantan Wakil Kepala Sekolah KB/ TK PAS AY). Ustadz Luqmanulhakim yang memimpin rombongan tersebut.

Aktivitas study banding di Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut, tidak hanya memberikan begitu banyak ilmu pengetahuan bagi rombongan, namun juga memberikan pengalaman spiritual yang penuh hikmah.

Energi spiritual itu tercermin dalam segala aspek pengelolaan pesantren. Maka dengan energi spiritual itu, Pondok Pesantren ini mampu menjadi lembaga pendidikan dengan proses pendidikan yang mampu menghasilkan SDM yang berkualitas. SDM yang tajam tidak hanya spiritualnya saja, tapi juga intelektual dan moral.

Pada study banding tersebut, telah ditemukan bergitu banyak keunggulan. Salah satunya adalah PM Darussalam Gontor memberikan penekanan yang sangat penting pada niat dan orientasi lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan tidak hanya dijadikan ruang untuk mengembangkan peserta didik, akan tetapi dijadikan sebagai ladang amal bagi seluruh stakeholders yang ditujukan kepada Allah SWT semata.

Saat itu tidak ada sedikitpun gejala yang menunjukan bahwa aktivitas Ponpes tersebut ditujukan untuk menjadi ladang mencari harta-benda atau meningkatkan status para pengelolanya. Malahan yang tampak justru sebaliknya, pendirian lembaga pendidikan tersebut di desain, dikembangkan dan dikelola semata-mata sebagai instrumen pengabdian kepada Allah SWT.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button