Orang Baik

Wejangan makan siang (pt 1)

Ahad minggu yang lalu, para sahabat Masjid Kapal Munzalan merasa teramat bahagia bisa mendengarkan wejangan istimewa dari Om Sirwan. Om Sirwan adalah mantan salah top eksekutif Bank Kalbar. Di kalangan pengusaha dan pemerintahan di Kalbar, beliau sangat terkenal. Nama lengkap beliau adalah Sirwan Fahruddin, SE, MM.

Bank Kalbar adalah adalah perusahaan komersial terbesar di Kalbar. Nilai aset Bank Kalbar ini tahun 2020 diperkirakan sekitar 18 trilyun rupiah. Trilyun lho, bukan milyar.

Pada kuartal I tahun 2020 keuntungan Bank Kalbar 55 milyar lebih. Satu kuartal itu 4 bulan. Kalau setiap 4 bulan rata-rata keuntungannya 50 milyar, berarti dalam setahun keuntungan Bank Kalbar Rp 200 milyar! Entah seperti apa wujud uang dua ratus em itu.

Nah, Om Sirwan adalah salah satu top eksekutif Bank terbesar di Kalbar itu. Jabatan terakhir yang beliau sandang asalah Direktur Pemasaran dari tahun 2014-2018.

Nah, Om Sirwan ini adalah ayah angkat dari Gurunda Ustaz Luqmanulhakim. Ustaz Luqmanulhakim bercerita kepada saya bahwa Om Sirwan adalah sahabat ayahnya. Setiap akan kembali ke Gontor, Om Sirwan selalu meminta Ustaz Luqman untuk bertandang ke rumahnya.

Dan setiap ustaz Luqmanulhakim bwrrandang untuk berpamitan pulang ke Gontor, Om Sirwan selalu mendoakan Ustaz Luqmanulhakim agar bisa belajar dengan sebaik-baiknya.

Dulu sewaktu saya nyatri di Gontor, Om Sirwan ini tak hanya mendoakan saja, Bung Ben. Tapi juga selalu memberi uang saku. Masyaallah, sebagai seorang santri remaja, saat itu tentu saja saya senang sekali. Dan kemurahan hati beliau itu tak bisa saya lupakan sampai sekarang,” cerita Ustaz Luqmanulhakim di depan Om Sirwan sambil senyum-senyum.

Om Sirwan yang baik hati ini kemudian ikut tersenyum lalu mengelus-ngelus bahu Ustaz Luqman. Masyaallah.

Nah hari Ahad kemarin, saya diajak Ustaz Luqmanulhakim untuk mengunjungi kebun milik Om Sirwan. Kebun tersebut berada di Kecamatan Toho. Kami bertolak dari Masjid Kapal Munzalan pukul 07.00. Ada sekitar 6 mobil yang turut serta dalam rombongan. Tiap mobil berisi 6-7 orang sahabat.

Menurut Ustaz Luqmanulhakim, Om Sirwan sudah lama mengundang temen-temen Masjid Kapal Munzalan untuk mengunjungi kebunnya. Namun, sering tertunda oleh berbagai agenda dakwah. Dan Alhamdulillah baru terealisasi hari Ahad kemarin.

Kebun milik Om Sirwan adalah kebun yang sangat indah. Terletak di tepian jalan besar kecamatan Tohok.

Di kebun seluas 8 hektar itu terhampar aneka tanaman buah serta tanaman kayu. Seluruh tanaman itu berjejer rapi mengikuti kontur tanah yang berbukit. Indah nian.

Sementara di kaki bukit terhampar beberapa bidang kolam ikan dengan air yang sangat jernih. Ditata rapi bagaikan karpet raksasa.

Aneka ikan istimewa berbiak di kolam itu. Ada gurameh, nila, ikan emas, bahkan ikan jelawat, ikan yang harganya sangat mahal dengan rasanya yang Masyaallah itu.

Di kebunnya itu, Om Sirwan mempersilahkan sahabat Masjid Kapal Munzalan untuk menikmati segala isinya. Memetik dan memakan buah-buahan yang ada, serta memasak berbagai ikan yang ada di kolamnya.

Jadilah hari Ahad pagi itu berubah menjadi sebuah pesta bajagia. Oleh para sahabat Masjid Kapal Munzalan, Ikan dijala, disiangi, dibumbui, dibakar di atas api, lalu disajikan di atas daun pisang dan dinikmati menggunakan bumbu kecap bawang dan cabe rawit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button