Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ada sebuah masjid yang tak terlalu besar. Ukurannya hanya 21 x 16 meter, dan dibangun di atas tanah berukuran 400 M2. Masjid itu hanya bisa menampung sekitar 250-300 jamaah. Walau hanya sebuah masjid kecil, namun masjid ini ternyata mampu menyebarkan kemanfaatan yang teramat besar untuk masyarakat. Nilai kemanfaatannya mencapai angka 1 M tiap bulannya.

Nama Masjid itu adalah MASJID KURIRLANGIT. Masjid berarti tempat sujud, kurir berarti pembawa barang/ pesan, sementara langit adalah atap semesta. Jadi Masjid kurirlangit adalah Masjid-nya para pembawa pesan dari atap semesta.

Berbagai program sosial ditebarkan oleh masjid ini setiap harinya. Mulai dari menyediakan jamuan sarapan pagi buat jamaah sholat subuh, menyediakan makan siang bagi seluruh jamaah sholat jumat, menyelenggarakan training keterampilan bagi anak-anak muda, memberikan beasiswa pendidikan, hingga membantu masyarakat korban bencana.

Dan yang paling spektakuler adalah masjid ini mampu menyuplai kebutuhan Pangan bagi 7000 anak yatim dan santri penghafal Alquran, tak hanya di sekitar Kabupaten Barru saja, tapi juga untuk wilayah-wilayah di luar Kabupaten Barru, seperti di Sidrap, Soppeng, Wajo, Pangkep, Gowa, Maros, Makassar, Pare-pare, hingga di Timika, Papua.

Yang menarik, masjid ini bukanlah masjid senior, bukan masjid yang sudah tua, melainkan masjid yang berusia sangat belia. Masjid ini baru beroperasi secara resmi pada tahun 2018. Baru sekitar 2 tahun saja usianya. Masjid Kurirlangit dipimpin oleh seorang CEO muda yang sangat progressif. Namanya Gurunda Syahid Fisabilillah. Biasanya disapa dengan panggilan Bang Syahid.

Di Masjid Kurirlangit, istilah yang digunakan untuk CEO adalah Presiden. Jadi istilah resmi untuk jabatan Bang Syahid di masjid itu adalah “Presiden Masjid Kurirlangit”, presidennya para pembawa pesan dari langit. Masjid Kurirlangit ini adalah salah satu masjid makmur berlimpah yang beraset dan beromzet milyaran. Tak mungkin masjid itu bisa menebarkan demikian banyak manfaat jika ia tergolong masjidrecehen, masjid yang hanya beromset uang recehan.

Menurut keterangan Bang Syahid, hanya dalam jangka waktu dua tahun, aset ummat yang dikelola oleh Masjid Kurirlangit diperkirakan sudah mencapai 7-8 milyar. Aset sebesar itu semuanya dapat dikelola secara produktif oleh Bang Syahid dan Kawan-kawan muda di Masjid Kurirlangit.

Di Masjid yang terdiri dari 2 lantai itu, dikelola dengan aneka fasilitas layanan sosial. Ada poliklinik yang menyediakan layanan kesehatan gratis, ada dapur, ada baitulmaal, markaz tijarah, ada asrama putri, ada kamar untuk para tamu, ada anjungan wisata religi, hingga ada dua unit ambulan yang siap menjemput dan mengantar masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan.

Ditulis oleh
Beni Sulastiyo

Late Post

Copyright © 2020 | Masjid Kapal Munzalan | Munzalan News