Orang Baik

SULTAN AGUNG YANG GAGAH DAN GIGIH INI YA…ORMAS JUGA

Sultan Agung, “Presiden” ke 4 Negara Mataram Islam ini, tenyata adalah ORMAS juga. Orang Masjid!

Masjid yang ia dirikan masih ada sampai sekarang. Nama masjidnya, Masjid Kotagede. Letaknya di Kecamatan Kotagede, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta.

Saya mengunjungi masjid itu terakhir kalinya sekitar setahun yang lalu. Masjidnya keren. Sangat nyata dibangun dengan totalitas yang sangat tinggi.

Yang menarik, bangunan asli masjid ini menyerupai sebuah benteng. Dindingnya tebal, sekitar setengah meter. Sepertinya tak akan tembus jika dihajar oleh peluru meriam sebesar dua kepalan tangan manusia.

Menurut sejarah, bangunan masjid yang asli itu dibangun oleh Sultan Agung pada tahun 1640 masehi, saat beliau masih menjabat sebagai Raja Ke 4.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, sudah ada masjid. Masjid sebelumnya dibangun oleh ayah Panembahan Senopati, yaitu Ki Ageng Pemanahan. Panembahan Senopati adalah pendiri Kerjaan Mataram Islam. Ia adalah Raja Pertama Kerajaan Mataram Islam.

Jadi selain Sultan Agung,para pendiri Kerajaan Mataram Islam ini tenrnyata adalah orang masjid juga. Sama seperti Sultan Agung.

Dengan demikian, ada kaitan erat antara Masjid dengan Kerajaan Mataram Islam, serta peran ORMAS dibalik semua itu.

Sultan Agung adalah orang masjid yang sangat dihormati oleh masyarakat Jawa. Ia adalah sosok orang masjid yang jenius, progressif, dan sangat pemberani.

Kejeniusannya ditunjukan dengan kemampuannya membuat huruf Jawa dan merancang kalender Jawa. Ke-progressif-annya tampak dari kemampuannya membangun pengaruh sosial di nusantara bahkan dunia. Sementara keberaniannya terjelaskan dari 2 kali aksi super nekad yang beliau lakukan dengan memobilisasi puluhan ribu pasukannya ke Jakarta untuk mengusir perusahaan belanda, di bawah bendera asosiasi pengusaha Belanda (VOC). Ngeri!

Satu lagi karya spektakuler dari Sultan Agung yang masih bisa kita saksikan hingga saat ini. Yaitu Komplek Pemakamam Imogiri. Komplek pemakaman ini mantab tenan. Tapi lain kali aja kita bahas.

Jadi Orang Masjid itu bukan kaleng-kaleng. Karena punya peran yang sangat besar. Makanya berbanggalah menjadi ORMAS, menjadi Orang Masjid!

Salam takzim

ditulis oleh
Beni Sulastiyo

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button