Keluarga Baik

Pemuda punya masjid loh

Masjid Kapal Munzalan adalah masjid generasi millenial alasaan kenapa dikatakan sebagai masjid millenial karena berdasarkan data bahwa 90% jamaah dan penggiat dakwah di Masjid ini memiliki usia yang sangat mud yaitu antara 17-30 tahun.  Mereka adalah para generasi millenial kota Pontianak yang sedang berupaya melanjutkan gerak juang Junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW dalam menegakan risalah dan menolong agama Allah.

Masjid ini menjadi salah satu Masjid anak muda paling  populer di Kalbar ada penyebabnya. Salah satunya adalah memang sejak dari awal, H.M. Nur Hasan membangun masjid ini untuk para kawula muda.

Dalam setiap pertemuan dan aktivitas pengajian, H.M. Nur Hasan tidak pernah bosan mengatakan bahwa Masjid Kapal ini adalah Masjid Kawula Muda. Beliau juga tidak pernah bosan mengajak anak-anak muda untuk beraktivitas di masjid ini.

Misi ini ternyata sejalan pula dengan para penggiat dakwah lainnya. Mereka meyakini bahwa pemuda pecinta Masjid adalah komunitas yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Misi ini pula yang menarik minat Gurunda Ustaz Luqmanulhakim untuk menjadikan Masjid Kapal Munzalan sebagai markas program Infaq Beras. Program itu dulunya dikendalikan oleh sebuah Yayasan yang bermarkas di sebuah warung kopi yang terletak di Jalan Sungai Raya Dalam 1.

Misi yang sama antara dua orang Guru kita ini membuat  spirit perjuangan menjadi semakin tajam dan solid. Sejak Gurunda Ustaz Luqmanulhakim berkiprah di masjid Kapal Munzalan, semua aktivitas dakwah di Masjid Kapal Munzalan diarahkan sepenuhnya untuk mengajak generasi muda.

Alhamdulillah, atas izin Allah, apa yang telah dicita-citakan tersebut telah terwujud. Karena kalau hari ini kita amati, maka kita akan mendapati bahwa hampir seluruh sahabat penggiat dakwah yang beraktivitas di Masjid Munzalan adalah anak-anak muda. Baik yang melaksanakan sholat fardhu berjamaah, melaksanakan sholat jumat, mengikuti pengajian, serta turut serta dalam berbagai lembaga amal sholeh. Umur mereka antara 16-35 tahun. Sebagian belum menikah, namun cukup banyak pula yang telah menikah dan bahkan memiliki anak.

Jadi kalau ada yang mengatidakan bahwa Masjid Kapal Munzalan adalah Masjidnya Kaum Millenial, itu tidak salah. Karena memang anak-anak muda itu sejatinya adalah kaum millenial.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button