Keluarga Baik

Misi PASKAS dan AD/ART SEMESTA

Foto yang diposting itu adalah fotonya KH.Luqmanulhakim, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin (PMMAY). Sementara yang di sebelah kanan, adalah Abangnda Muhammad Luthfi, Komandan Pasukan Amal Sholeh Seluruh Indonesia (PASKAS SELINDO). KH. Luqmanulhakim adalah pendiri PASKAS.

Beliau adalah Pemimpin tertinggi dalam strata kepengurusan PASKAS. Istilah yang digunakan untuk Pemimipin Puncak ini adalah PENGASUH. Nah, oleh Pengasuh, Abangnda Muhammad Lutfi diamanahkan untuk mengkoordinir komunikasi dan aktivitas anggota Paskas di seluruh Indonesia.Jumlah anggota PASKAS saat ini diperkirakan tak kurang dari 3000 personil. Yang ter-database dengan rapi baru sekitar 1500-an personil.

Mereka berasal dari sekitar 80 daerah, menyebar dari Aceh sampai Papua. PASKAS bukanlah organisasi gerakan sosial kritis seperti halnya organisasi kepemudaan/ kemahasiswaan. Bukan pula gerakan sosial-politik yang memiliki agenda pragmatis atau ideologis, serta tidak berkiblat pada aliran atau mahzab manapun. Sehingga PASKAS tidak berafiliasi dengan ideologi manapun, tidak pula berhubungan dengan organisasi politik apapun. Bahkan tidak punya tradisi untuk membahas dinamika politik yang terjadi di negara ini.

“Gerakan Utama PASKAS hanya satu…MEMBANGUN MANUSIA”.

Demikian yang sering disampaikan oleh Gurunda Ustaz Luqmanulhakim. Mission statemen untuk “Membangun Manusia” itu tidak dicantumkan dalam AD/ ART organisasi PASKAS karena PASKAS belum memiliki AD/ART. Akan tetapi telah dicantumkan di dalam AD/ART semesta, yaitu di dalam Al Quran Al Karim, yang secara spesifik disampaikan oleh Allah dalam Surat Al Ashr (QS. 103).

“Jadi sesuai dengan Perintah Allah, tugas PENGURUS PASKAS dalam membangun manusia hanya ada empat saja. Yaitu, mengajak manusia untuk BERIMAN, mengajak manusia untuk BERAMAL SHOLEH, mengajak manusia untuk saling menasihati dalam KEBENARAN dan mengajak manusia untuk saling menasihati dalam KESABARAN. Inilah yang saya maksud dengan MEMBANGUN MANUSIA.”

Demikian yang disampaikan oleh Pengasuh Paskas, Gurunda Ustaz Luqmanulhakim, saat menyampaikan arahan dalam Majelis Duduksehati bersama Komandan dan Wakil Komandan PASKAS SELINDO beberapa waktu yang lalu. Jadi itu aja misinya, yaitu Membangun Manusia. Ga ribet. Ga njelimet. Dengan AD/ART Semesta itulah, PASKAS beroperasi hingga menyebar ke seluruh Indonesia dan beranggotakan ribuan sahabat.Biidznillah.

JADI APA SAJA YANG DILAKUKAN ANGGOTA PASKAS ITU?

PASKAS mengerjakan 4 Perintah yang telah diabadikan Allah dalam Surat An-Nash. Setiap hari, setiap waktu, bahkan setiap detik. Mengajak manusia untuk beriman, beramal sholeh, saling menasihati dalam kebenaran dan dalam kesabaran. Selain itu, PASKAS juga menggerakan kegaiatan amal sholeh secara berjamaah. Salah satunya adalah GERAKAN INFAQ BERAS (GIB).

GIB adalah start up gerakan amal sholeh yang diinisiasi oleh KH.Luqmanulhakim di Pontianak pada tahun 2012. Aktivitas utamanya adalah menjadi Jembatan Amal Sholeh dari ORANG TUA ASUH yang berkenan membantu menyediakan kebutuhan Pangan bagi anak yatim, santri penghafal Al Quran, fisabilillah, dan mustahik (faqirmiskin).

Beras yang terkumpul dari orang tua asuh itu kemudian diantarkan oleh anggota PASKAS sebulan sekali agar bisa dinikmati setiap hari oleh mereka. Menurut data yang disampaikan oleh Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI), pada bulan Oktober 2020, jumlah beras yang telah didistribusikan oleh anggota PASKAS di seluruh Indonesia telah mencapai 536.000 kg. MasyaAllah.

Beras yang didistribusikan itu adalah beras kualitas premium, beras kualitas terbaik yang harga per kilonya antara Rp 14.000-15.000. Beras inilah yang dapat dinikmati setiap hari oleh tak kurang dari 214.000 individu yang berada di lebih dari 2000 panti asuhan, pesantren dan masjid di seluruh Indonesia.

Bismillah, mari kita doakan Gurunda KH. Luqmanulhakim, Abangnda Muhammad Lutfi, para Komandan Paskas di seluruh daerah, dan segenap anggota PASKAS diberikan kesehatan dan dilimpahkan keberkahan, sehingga dapat terus menjalankan kewajibannya untuk MEMBANGUN MANUSIA di Nusantara dan di alam semesta raya. Bagi sahabat-sahabat yang ingin memberikan support, kami persilahkan untuk menghubungi pengurus PASKAS di daerahnya masing-masing.

Ditulis oleh
Beni Sulastiyo

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button