Keluarga Baik

Bahasa Kotor

Anak-anak merupakan cerminan dari orang tuanya atau buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pernahkah anda mendengar kalimat seperti ini?. Mungkin hampir semuanya pernah mendengar kalimat berikut, jika pernah apakah anda mengetahui maksud dari kalimat tersebut. Banyak yang sebenarnya paham akan kalimat tersebut namun tidak semuanya mempraktikkan dalam hidupnya.

Bagi anak, orang tua dan lingkungan disekitar merupakan bahan yang bisa dipelajarinya. Jadi jangan kaget ketika anak akan meniru apa yang dilihatnya. Perlu bagi kita yang sduah dewasa dapat menjaga sikap dan apa yang diucapkan saat ada anak kecil di dekat kita. Mereka sangat mudah untuk menjiplak dan hal yang paling mudah ditiru adalah ucapan.

Pada masa sekarang ini mungkin kita sering melihat banyak anak berumur 4-6 tahun yang sudah berbicara kotor. Bahkan jika kita mengingat beberapa tahun yang lalu dimana ada vide yang menampilkan anak kecil sudah diajarkan merokok oleh lingkungan disekitarnya. Mungkin terlihat lucu namun apakah kita memikirkan bagaimana dampak yang nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Jika berbicara dalam ranah islam, kita sebaiknya menjauhkan anak dari hal yang tidak berguna dengan cara mengalihkannya ke hal yang positi seperti mendongeng tentang kisah nabi, mengjarkannya baca Al-Qur’an atau juga bisa mengajarkannya beberapa hal yang boleh dan yang tidak boleh dalam islam. Contohnya adalah mengajarkan anak untuk selalu berkata baik dan harus dimuali dari kita lerlebih dahulu sebagai contoh bagi anak-anak.

Oleh karena itu, memberikan lingkungan yang baik merupakan tugas bagi seua orang bukan hanya orang tuanya saja. Lingkungan yang kondusif bisa memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menjaga apa yang akan kita ucapkan, memang tidak mudah namun alangkah baiknya saat si anak masih kecil kita sudah bisa mengajarkn apa yang baik dan buruk sehingga saat dewasa nanti si anak bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button