Keluarga Baik

5 Cara Menjadi Teman Belajar Anak di Rumah

Akibat pandemi Covid-19, kegiatan sosial masyarakat menjadi terbatas dengan peraturan yang ada. Tidak hanya ibadah, kegiatan pekerjaan orang tua dan belajar anak pun dialihkan di rumah. Sekolah online atau daring membuat orang tua menjadi sosok pengganti guru anak di rumah. Maka sebagai orang tua perlu mengetahui cara yang tepat untuk membimbing sang buah hati selama belajar.

Anak membutuhkan sosok orang tua yang hadir untuk mendukung mereka selama kegiatan belajar mengajar di rumah, akan lebih menyenangkan bila Ayah dan Bunda memerhatikan hal berikut:

  • Memahami cara belajar anak

Setiap anak akan memahami materi pelajaran sekolah dengan kemampuan yang berbeda, dan tentunya mereka memiliki cara unik untuk menyerap apa yang dipelajari. Ada yang mudah mengerti jika dijelaskan dalam bentuk visual, suara, maupun akan fokus jika menggerakkan tubuhnya. Dengan mengikuti cara mereka, materi pelajaran akan lebih mudah tercerna.

Foto: Unsplash/Ahmed Hindawi
  • Membuat jadwal

Menjadwalkan kapan anak belajar, beristirahat dan melakukan kegiatan lainnya dapat membantu mereka memiliki kualitas jam yang sehat dan teratur. Tidak hanya itu, Ayah dan Bunda juga sekaligus melatih mereka disiplin dan tanggungjawab atas tugas yang diberikan.

Foto: Unsplash/Glenn Carstens Peters
  • Memberikan perhatian dan kasih sayang

Perhatian serta kasih sayang Ayah dan Bunda akan memengaruhi kualitas anak secara emosional, maka hindarilah kalimat kasar maupun membandingkan diri anak dengan orang lain agar mereka tidak merasa ditinggalkan dan justru merasa didukung.

Foto: Unsplash/Bruno Nascimento
  • Refreshing

Agar tidak mudah lelah dan bosan, berilah anak waktu untuk beristirahat. Ayah dan Bunda bisa mengajak mereka untuk melakukan kegiatan menyenangkan, seperti melakukan kegiatan seru sederhana, seperti melakukan hobi bersama. Tidak perlu pergi jauh dengan biaya mahal, kegiatan ini bisa dilakukan di area rumah kita agar Ayah dan Bunda serta anak kembali merasa segar.

Foto: Unsplash/Sigmund
  • Nikmati

Salah satu hal paling menyenangkan sebagai orang tua adalah bisa menghabiskan waktu bersama anak. Menemani anak belajar bisa Ayah dan Bunda manfaatkan untuk merekatkan hubungan dengan mereka. Maka, nikmatilah momen-momen kecil ini sebagai bentuk syukur atas hadirnya rasa bahagia.

Demikian tips yang bisa Ayah dan Bunda lakukan untuk menjadi teman belajar yang menyenangkan bagi si anak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button