Ilmu Baik

Pentingnya Menjaga Kesehatan dalam Islam

Kesehatan dalam Islam adalah perkara yang penting. Hal tersebut merupakan nikmat besar yang harus disyukuri oleh setiap hamba.

Jika kita bicara soal kesehatan, pasti Abang-Kakak tahu dong Bahasa Latin yang mungkin Abang-Kakak sudah tidak asing lagi, yakni “Mens Sana In Corpore Sano” yang artinya ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’.

Akan tetapi, apakah Abang-Kakak sudah mengatahui bahwa kesehatan dalam Islam adalah perkara yang sangat penting? Apa lagi itu termasuk nikmat besar yang harus abang kakak syukuri. Terkait pentingnya kesehatan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Dua kesenangan yang sering dilupakan kebanyakan orang adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibn Majah: 4170)

Ibnu Jauzi mengatakan bahwa terkadang seseorang memiliki tubuh yang sehat, tetapi ia tidak memiliki waktu luang karena sibuk dengan mata pencahariannya. Terkadang seseorang memiliki waktu luang tetapi tubuhnya tidak sehat. Ketika dua nikmat ini (waktu luang dan tubuh yang sehat) dimiliki oleh seseorang, maka kemalasan mendominasinya untuk melakukan ketaatan kepada Tuhan maka dialah yang tertipu. (Fathul Bari oleh Syarhi Shahihil Bukhari: 14/184)

Ibnu Jauzi juga berpesan bahwa dunia adalah ladang amal untuk akhirat. Dunia adalah tempat berdagang yang keuntungannya akan kita petik di akhirat nanti. Barang siapa yang menggunakan waktu luang dan kesehatannya untuk taat kepada Allah maka dia adalah orang yang berbahagia. Karena setelah waktu luang akan datang waktu sibuk, dan setelah kondisi sehat akan datang kondisi sakit yang tidak menyenangkan. (Fathul Bari oleh Syarhi Shahihil Bukhari: 14/184)

Sementara itu Abang-Kakak, makanan yang kita makan atau minuman yang kita minum harus jelas diperoleh dari mana? Karena Abang-Kakak yang di rahmati Allah, makanan atau minuman yang kita peroleh tak hanya harus sehat dan bersih semata, melainkan juga harus halal, seperti firman Allah,

Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu percayai.” (QS. Al-Maidah: 88).***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button