Ilmu Baik

Pentingnya Birulwalidain

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. (An-Nisa [4]: 36)

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (Al-Isra` [17]: 23).

Dua ayat serupa yang seolah menegaskan bahwa berbuat baik pada orang tua itu sama halnya bagaimana keharusan kita menyembah Allah

Lantas apa amalan yang sama nilai pahalanya dengan Umroh, haji dan jihad ?

Suatu ketika datang seseorang lalu berkata kepada Rasulullah

“Ya Rasulullah, saya ingin ikut berjihad, tapi saya tidak mampu!”

Rasulullah bertanya, “Apakah orangtuamu masih hidup?” Orang itu menjawab,“Ibu saya masih hidup.”

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan: “Temuilah Allah dengan berbakti kepada kedua orangtuamu (birrul walidain). Jika engkau melakukannya, samalah dengan engkau berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Thabrani)

Lantas bagaimana cara berbakti pada orang tua, Cara berbakti pada orang tua

1. berbuat baik

2. merendahkan diri

3. selalu mendoakan

*JIKA INGIN SEMUA KEINGINAN KITA TERKABUL OLEH ALLAH*

*MAKA BERBAKTI LAH PADA ORANG TUA*

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button