Ilmu Baik

Obat Sobat Galau

Kalau dipikir-pikir, kenapa hidup makin lama makin berat? Makin berantakan? Setiap mencoba minta tolong, lingkungan sekitar bukannya mendukung, tapi malah mengukung. Hati berat sekali rasanya, kenapa ya?

Tidak ada sehari pun tanpa masalah. Belum selesai satu, masalah baru datang lagi. Seperti kata pepatah; sudah jatuh, tertimpa tangga, lalu masuk parit lagi. Sedih, stress, rasanya enggak bisa ke mana-mana. Untuk tidak begini lagi, gimana ya caranya?

Abang kakak, apa pernah merasa seperti itu? Kalau iya, tahu tidak kalau persoalannya sebenarnya hanya satu, yaitu “apa kabar dengan sholat kita?”

“Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (Qs. Al Baqarah (2) : 277)

Abang kakak, perasaan sedih itu manusiawi banget kok. Untuk bisa tidak sedih lagi, pasti membutuhkan waktu. Tetapi, tidak ada salahnya juga kita mencoba untuk mawas diri mengapa sedih ini tak kunjung usai walau kita sudah berusaha mencari bantuan, yang ada semakin berat.

Mungkin inilah tandanya Allah memanggil-manggil kita, “wahai hambaKu, ayo kembali,” dengan Maha Lembut-Nya.

Mengapa kita sebagai muslim dan muslimah perlu untuk mengecek sholat kita? Karena sholat itu adalah ibadah yang perlu dijaga dengan baik. Kenapa begitu? Karena sholat adalah ibadah yang membuat hambanya terkoneksi langsung dengan-Nya.

Sholat juga bukan sekedar sholat lho. Tetapi selain ketepatan waktunya yang dijaga, kita juga perlu menjaga pakaian kita, wudhu kita, dan niat kita. Hayo siapa yang di sini kalau sholat, hati dan pikirannya masih melayang ke mana-mana? Nah, inilah alasan mengapa sholat menjadi kunci utama kehidupan kita.

Kalau sholat kita berantakan, mepet di akhir waktu, bahkan skip sholat, bagaimana bisa kita mendapatkan hati yang tenang dan tidak sedih seperti janji Allah?

Bagaimana kalau sudah menjaga sholat, tapi hati masih sedih juga?

Bukankah selain sholat, Allah juga meminta kita untuk bersabar? Allah selalu memiliki alasan terbaik atas segala sesuatu. Mungkin Allah terlalu rindu dengan hadirnya kita setiap sholat, makanya kita diminta untuk sedikit menunggu. Siapa yang tahu kalau hadiah yang Allah beri ternyata jauh lebih besar dari apa yang kita minta dan bayangkan.

Yuk abang kakak, kita sama-sama perbaiki sholatnya, supaya Allah perbaiki hidup kita! Bismillah, semangat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button