Ilmu Baik

Lakukan 4 Hal ini Agar Rezeki Halal Kita Menjadi Berkah

Abang kakak yang dirahmati Allah, Ilmu Baik kali ini datang dari postingan sosial media Munzalan terkait hal-hal yang harus  kita lakukan ketika mendapatkan Rezeki halal.

Banyak diantara kita yang mungkin lupa, bahwa Rezeki halal yang kita dapatkan, akan menjadi sumber keberkahan untuk kita, jika melakukan beberapa hal. Lalu, apa saja yang harus kita lakukan?

1. Infaq Setiap Hari

Infaq adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam kehidulan sehari-hari. Amalan ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Misalkan, ada pengamen di jalan dan kita memberikan uang untuknya itu merupakan bagian dari infaq. Infaq sendiri berasal dari kata anfaqa yang berarti membelanjakan atau membiayai yang berhubungan dengan usaha realisasi perintah-perintah Allah SWT.

2. Berzakat Tiap Bulan

Zakat merupakan bagian dari pondasi rukun islam yang keempat, setelah Syahadat, Sholat, dan Puasa. Dengan menjalankan zakat, maka akan semakin sempurna ibadah seseorang dalam menjalankan perintah agama. Hal ini tentunya merupakan suatu tujuan dari setiap muslim demi mendapatkan ridho dari Allah SWT.

 Sebagaimana tertulis dalam Alquran surat Al Maidah ayat 12, yang menyatakan Allah berjanji mengampuni dosa-dosa hambanya yang mendirikan salat, menunaikan zakat, beriman kepada rasul.

“Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari  jalan yang lurus.” (QS. Al Maidah: 12).

3.  Berqurban

Tahukah abang kakak? di hari akhir, hewan kurban yang abang kakak sembelih di dunia akan menolong abang kakak, karena keikhlasan abang kakak dalam berkurban.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim).

4. Berwakaf Untuk Kemashalatan Umat

Wakaf adalah ibadah sedekah yang mempunyai banyak keutamaan. Keutamaan-keutamaan wakaf tersebut di antaranya terkandung dalam sejumlah ayat Al quran dan Hadis. Adapun beberapa ayat dalam Al Quran yang membahas tentang wakaf adalah sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dariapa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu” (QS Al Baqarah, ayat 267).

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya” (QS Ali Imran, ayat 92).

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (QS Al Maidah, ayat 2).

Nah, jadi itulah abang kakak, 4 hal yang bisa kita lakukan untuk menambah keberkahan dengan rezeky halal yang kita punya, agar menjadi amal jariyah kita kelak, abang kakak bisa lakukan semuanya atau salah satu diantaranya ya.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button