Sabar merupakan salah satu hal yang dianggap remeh namun manfaatnya sangat tinggi. Banyak orang pada zaman sekarang ini mudah tersinggung atau marah, padahal biasanya suatu perbincangan atau ungkapan tidak dimaksudnya untuknya. Bisa juga niat orang itu sebenarnya ingin memberitahukan kepad kita apa yang salah, namun biasanya kita lebih cepat tersinggung dan marah.

Makanya tidak heran muncul pepatah yang mengatakan bahwa “Sabar itu ada batasnya,” sehingga banyak yang menjadikan pepatah ini sebagai alasan untuk marah. Namun menurut salah satu pimpinan di Masjid Kapal Munzalan, M.Nur Hasan atau yang akrab dipanggil Tok Ya menyampaikan bahwa ilmu sabar merupakan ilmu tingkat tinggi dan tidak setuju dengan pepatah tersebut.

Alasan Tok Ya menyampaikan hal tersebut adalah karena untuk meredakan kemarahan itu dengan cara sholat. Sesungguhnya untuk mendapatkan pertolongan dari Allah itu perlu dua kunci yaitu kesabaran dan sholat. Jadi untuk shola itu tidak hanya yang wajib saja tetapi juga yang sunnah seperti sholat tahajud, dhuha, dan beberapa sholat sunnah lainnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa waktu tengah malam bisa menjadi waktu kita untuk lebih khusyuk kepada Allah dengan cara sholat tahajud, taubat, hajat, dan witir.  Jadi jika ada ayng menjahati kita maka kita perlu bersabar, seperti yang Allah telah sampaikan dalah surah Fussilat : 34-35

34. Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. 35. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.

Dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sabar, berdasarkan ayat diatas juga mengajarkan kepada kita untuk jangan membalas kejahatan juga kepada orang tersebut karena pada dasarnya jika kita melakukan kejahatan yang sama maka kita sudah menjadi sepertinya.

Apa yang terdapat didalam ayat ini sudah dilaksanakan di Masjid Kapal Munzalan ini, bahkan pernah beberapa kali dari Masjid kapal Munzalan memberikan hadiah kepada orang yang pernah berbuat jahat terhadap masjid Kapal Munzalan sampai dia bertobat kembali ke jalan Allah.

Late Post

Copyright © 2020 | Masjid Kapal Munzalan | Munzalan News