Kisah & Hikmah

Tempat Sejuta Makna

Jika kita menyebut kata Munzalan, mungkin akan banyak narasi dan kisah yang keluar dari pikiran dan hati. Sebenarnya Munzalan adalah doa, terinspirasi dari doa nabi Nuh yang begitu dalam dan penuh makna .

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Dan berdoalah, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.”

(QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 29)

Perjalanan yang cukup panjang bagi masjid dengan konsep unik dimana bangunannya sedniri berbentk seperti masjid. Baiklah cerita masjid ini diawali dengan suatu pemikiran bahwa mendirikan masjid sebagai pusat peradabannya (karena founder) paham betul bahwa peradaban besar hanya lahir dari masjid bukan tempat lain. Berikut secara singkat kisah perjalanan Munzalan.

2011

Masjid Munzalan hadir dan masjid munzalan pertama yang berada di Jalan Ampera.

2012

Gerakan Infaq Beras hadir, termasuk Sedekah Akbar yang dikomandoi oleh gurunda kita Luqmanulhakim, yang akhirnya juga menjadi cikal bakal pembangunan Masjid Munzalan ke dua di area serdam.

2013

Agenda hijrahyang pada akhirnya menjadikan Munzalan area serdam menjadi pusat kegiatan Munzalan termasuk pindahnya ust Luqmanulhakim ke area serdam.

2014

Hadirlah PMMAY atau Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin, kemudian muncullah baitulmaal dan juga KB/TK sebagai pusat amal pendidikan.

2015

Agenda-agenda eksperimen dalam rangka memakmurkan masjid kembali di gadang seperti Subuh Meraih Keberkahan, seminar mustahil miskin, pembebasan lahan LPBM dan masih banyak lagi.

2016

Agenda rekrutmen relawan, hingga melahirkan Paskas sebagai garda infaq beras yang akhirnya melahirkan kampanye infaq beras besar besaran di seluruh Indonesia.

2017

Hadirlah YBMI (Yayasan Baitulmaal Indonesia)  yang kemudian adanya perubahan nama menjadi GIB, BMI, PASKAS Indonesia, Sedekah Akbar Indonesia, serta GIB lintas Provinsi. Kmemudian secara bertahap GIB dan PASKAS diduplikasi di beberapa kota di Indonesia termasuk pembangunan LPBM akhirnya dimulai sudah.

2018

mulailah dengan konsolidasi aset dan hal hal penting, terkait penguatan visi misi, penguatan organisasi, serta jaringan dan kerelawanan terlebih komunikasi nasional.

2019

Semakin berkembang, tentu penguatan kepemimpinan, Pengembangan Amal sosial lintas Provinsi (BMI, GIB, Paskas) termasuk pengembangan amal usaha dan amal pendidikan. Hadir juga Rumah Sehat Munzalan sebagai wasilah dan wadah berobat bagi semua kalangan, muda tua bahkan dhuafa.

MASYAALLAH.

Jadi Munzalan berdiri hingga seperti sekarang bukan serta merta langsung jadi layaknya main monopoli . Butuh waktu, butuh istirahat, bahkan GIB sendiri pernah mau Ust.Luqmanulhakim hentikan karena ingin berhenti bukan sekedar rehat karena letih, butuh perjuangan, butuh keringat, air mata bahkan darah.

Merajuk kisah ‘Munzalan Story’ ini saya ingin menyampaikan hal penting untuk sahabat semua bahwa semua butuh proses. Jadi, apapun yang kini telah kalian bangun, terlebih kebaikan, maka jangan menyerah, tetap di jalur-Nya.

Boleh marah, boleh nangis, jungkir balik, boleh letih tapi jangan berhenti !!

Hal yang tak kalah penting adalah jangan bandingkan awalanmu dengan pertengahan bahkan akhir perjalanan orang lain. Bukankah matahari dan rembulan bersinar ketika masa nya ?? Bukankah masing masing bunga juga berkembang sesuai porsi dan waktunya ??

Ditulis oleh
Habibah Juniarti Iskandar

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button