Kisah & Hikmah

Kisah Pengemis

Siapa yang tidak kenal dengan nabi Muhammad SAW. beliau merupakan tauladan bagi semua umat islam. Beliau memiliki kepribadian yang sangat baik bahkan untuk yang pernah menyakitinya, beliau masih tetap bersikap baik kepadanya. Seperti kisah yang satu ini, dimana kisah ini antara pengemis yahudi dengan Rasullullah.

Saat rasulullah berjalan melewati pasar, tanpa sengaja beliau melihat pengemis tua yang sedang duduk. Pengemis tua itu terlihat sedang berbicara jelek atas Rasulullah, melihat akan hal tersebut rasulullah hanya bisa berdiam saja. Tidak lama kemudian beliau menghampiri pengemis tua itu dan hal yang tidak terduga terjadi.

Beliau menyuapkan roti kepada pengemis tua itu. Pengemis tua itu tidak mengetahui bahwa yang menyuapinya adalah rasulullah. Sehingga tetap saja pengemis tua itu berbicara kejelekan tentang rasulullah.

Rasulullah tidak marah maupun menghardik pengemis tua itu, malah setiap hari rasululah datang mengunjungi pengemis tua itu dan menyuapinya makan. Hingga suatu hari saat rasulullah sudah meninggal, terdapat salahs atu sahabat yang ingin meneruskan kebiasaan rasulullah.

Saat sahabat tersebut datang dan menyuapi pengemis tua itu, seperti biasa pengemis tua itu bercerita buruk tentang rasullullah sehingga tanpa sadar sahabat menyuapi pengemis tua itu dengan kasar. Karena merasa itu bukan seperti biasanya, maka bertanyalah pengemis tua itu tentang siapa yang sedang menyuapinya sekarang.

Sahabat kemudian menyebutkan namanya, dan sungguh terkejut pengemis tua itu, dan sahabat tadi juga memberi tahu bahwa yang setiap hari menyuapinya adalah rasululah. Pengemis tua itu terkejut dan hendak meminta maaf kepada rasulullah, namun saat dia mengetahui bahwa rasulullah sudah meninggal pengemis tua itu hanya bisa menangis dan menyesali apa yang telah dibuatnya.

Berdasarkan cerita tersebut maka pesan yang bisa kita tangkap adalah dimana saat ada yang menjahait kita atau ada yang berbuat jahat kepada kita. Maka yang perlu kita lakukan adalah tetap berlaku baik kepadanya, karna sesungguhnya mereka yang sabar adalah orang yang selalu berada dalam kasih sayang Allah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button