Kisah & Hikmah

Kerinduan Universal

Di Kota Tarakan, Kalimantan Utara ada sebuah masjid yang keren, yaitu Masjid Hujan Assalam namanya. Masjid ini mengujani ummat dengan kesejukan, buka 24 jam, internet gratis, bisa mandi, bisa istirahat, menyediakan makan dan minum buat jamaah dan mussafir, menyalurkan beras untuk Anak Yatim dan santri penghafal Al Quran. Masyaallah.

Di Sragen ada Masjid Al Falah. Salah satu pengurusnya adalah Ustaz Kusnadi Ikhwan. Masjid ini sangat ramah dengan mussafir. Para mussafir boleh istirahat dan bermalam di Masjid. Pengurusnya menyediakan kasur dan sarapan pagi bagi para mussafir yang bermalam di masjid. Masjid pun menjadi sahabat bagi para backpacker, traveller, para pedagang. Masyaallah.

Setiap Ahad pagi, Masjid ini menggelar majelis taklim. Habis taklim, tidak langsung bubar. Pesertanya disajikan makanan gratis. Makan rame-rame di Masjid dengan hati bahagia dan suasana yang riang gembira.

Masjid Hujan Assalam dan Masjid Alfalah adalah masjid-masjid yang telah bertransformasi menjadi PENGASUH ummat. Bukan sekedar mengasuh ummat Muslim saja, tapi ummat manusia. Saya yakin kita semua menginginkan masjid-masjid kita menjadi masjid seperti itu. Kita semua merindukan kehadiran masjid-masjid seperti ini di Kota kita. Dan insyaallah, tak akan ada yang menolaknya jika masjid kita dapat berperan mengasuh ummat, layaknya ayah dan ibu mengasuh anak-anaknya.

Inilah yang diistilahkan oleh Gurunda Ustaz Luqmanulhakim sebagai KERINDUAN UNIVERSAL, kerinduan yang diharapkan oleh siapapun, apapun latar belakang profesinya, apapun mahzabnya, apapun aliran politiknya, apapun strata sosialnya. Semua akan merindukan masjid yang dapat menjadi sahabat manusia, masjid yang mengasuh ummat, masjid yang ramah dengan anak-anak muda, ramah dengan tamu/ mussafir, ramah anak-anak, ramah dengan tetangga sekitarnya.

Masjid yang dapat mengasuh ummat ini mendapatkan perhatian yang sangat besar. “Masjid adalah baitullah, bait itu rumah, rumah itu tempat kembali. Maka ayo jadikan masjid kita sebagai rumah bagi ummat. Ayo kita kelola masjid kita dengan baik, agar ummat merindukan rumahnya”, hatur Gurunda dalam sebuah sesi pelatihan nasional Masjidbillionaire Angkatan I beberapa waktu yang lalu. Mari kita jawab sinyal kerinduan universal ini.

Ditulis oleh
Beni Sulastiyo

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button