Berita Baik

Sedekah Jum’at

Sedekah merupakan salah satu bentuk akan kepedulian kita kepada sesama saudara muslim yang kesuitan untuk mendapatkan makan. Sejak zaman Rasulullah sudah ada  yang namanya sedekah, sehingaa saat sekarang ini kita hanya mengikuti prilaku yang sudah di ajarkan Rasulullah.

Sedekah saat sekarang ini sudah lebih mudah karena kita bisa melakukan transfer antar bank, atau langsung mengantarkan uang ke tempat yang menyalurkan sedekah.

Namun ada sedekah yang sedikit berbeda dari biasanya, yaitu program Sedekah Jum’at yang dilakukan oleh teman-teman dari BMI cabang Mempawah. Program sedekah yang mereka lakukan tidak hanya berupa uang saja tetapi lebih ke bahan sembako seperti sayur, tahu, tempe, ayam dan masih banyak lagi lainnya.

Kegiatan ini sudah berlangsung lebih dari 1 tahun lamanya, dan mereka melakukannya setiap hari jum’at. Alasan mereka melaksanakan kegiatan ini setiap hari jum’at adalah karena banyak keberkahan yang turun pada hari jum’at

Tidak hanya sampai disitu saja, alasan lain diselenggarakannya program Sedekah Jum’at adalah untuk membantu para santri penghapal Al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren untuk bisa lebih fokus lagi dalam menghapalkan Al-Qur’an.

Bang Dila, selaku Humas dari BMI Mempawah juga mengatakan bahwa alasan lain yang menjadikan kegiatan ini adalah, pernah suatu ketika saat pengantaran beras dari Munzalan ada suatu pondok pesantren yang miris dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Sehingga tidak jarang santri membagi 1 bungkus mie instan untuk makan pagi dan sorenya.

Berdasarkan hal itu tim dari BMI Mempawah membuat program ini. Selain itu juga program ini sudah berjalan di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Mempawah seperti yang ada di Sungai Pinyuh dan daerah Toho’, Desa Sambosa. Untuk Sedekah Jum’at yang ada di Mempawah sendiri dimulai dari jam 06.00 – 07.30 WIB di pasar Sebukit Ramaa.

Waktu penerimaan sedekah yang tidak terlalu lama karena memikirkan untuk mengantarkan sembako ini supaya siangnya santri bisa makan dengan enak. Bagian akhir dari kegiatan ini adalah makan siang bersama santri di pondok pesantren tersebut. Keakraban yang terjalin makin terlihat dimana kami duduk bersama dan menyatap makanan yang sama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button