Berita Baik

Pontianak Undercover

Distribusi beras merupakan salah satu dari bagian kecil apa yang tlah dilakukan oleh Masjid Kapal Munzalah sejak 2021. Kegiata yang awalnya bermula dari pergerakkan kecil sekarang sudah menjadi besar. Jika kita melihat tapak tilas perjalanan distribusi beras ini sudah dapat dirasakan, tidak hanya di Kalimantan Barat saja tapi dari Aceh hingga Papua. Target dari distribusi beras ini adalah pondok pesantren dan panti asuhan yang membutuhkan.

Apakah abang dan kakak tahu kalau di daerah kota Pontianak masih banyak loh pondok pesantren dan panti asuhan yang masih membutuhkan bantuan kita? Kota yang penuh gemerlap memiliki bagian yang jarang terlihat dan tidak terjamah oleh kita yang silau dengan gemerlapnya kota. Masjid yang melihat kesempatan untuk membantu sesama langsung melakukan distribusi beras supaya para santri bisa tidur dengan tenang dan nyenyak karena persediaan beras mereka aman.

Pendistribusian beras yang sudah kesekian kalinya ini mengarah kepada 8 pondok pesantren dan panti asuhan yang berada di sekitaran kota Pontianak. Daftar dari lokasi yang akan dituju adalah Mambaul hasanah, Mathla’ul Anwar, Ar rahmah, Nur fauzi, Al amany, Darul khoirot dan Darunnaim putri. Jumlah beras yang akan diantarkan adalah 1,860 kg atau 1 ton lebih. Kegiatan ini memang sudah menjadi rutinitas dari Masjid Kapal Munzalan.

Pada pagi itu semua tim berkumpul di depan Masjid Kapal Munzalan untuk melakukan briefing dan melaksanakan SOP saat akan beramal sholeh. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke gudang untuk mengangkut beras yang Insya Allah akan diantarkan ke setiap ponpes atau panti asuhan yang menjad target pada hari itu.

Pendistribusian beras setiap kalinya lebih menggunakan motor daripada mobil, namun bukan berarti tidak ada mobil. Alasan kenapa menggunakan motor karena diharapkan setiap orang mau mengambil kesempatan untuk beramal sholeh ini. Oleh karena itu banyak motor yang siap untuk membantu Masjid Kapal Munzalan dalam melakukan distribusi beras. Panas matahari pada hari itu bukannya membuat para pejuang amal sholeh ini patah semangat, malah membakar semangat untuk mengantarkan beras terbaik dari orang baik untuk orang baik lainnya.

Setiap karung diantarkan dengan harapan ridho dari Allah dan meminta doa dari para ustadz dan Kiyai yang ada di sana. Kegiatan ini akan berlanjut sepanjang tahun agar semua santri bisa belajar agama Allah dan memperbaiki ummat yang saat sekarang lebih banyak terpengaruh ke arah yang salah. Meskipun kita yang dahulu tidak punya kesempatan untuk mempelajari agama Allah maka salah satu cara untuk memperbaiki semua itu dengan beramal sholeh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button