Berita Baik

Deklarasi Pondok PASKAS Pontianak

Paskas merupakan kelompok relawan Masjid Kapal Munzalan yang telah bergerak dalam mengantarkan beras untuk anak penghapal Al-Qur’an dan para mustahik. Anggota dari relawan ini berasal dari berbagai kalangan dan umur juga. Pergerakkan infaq beras adalah salah satu program yang dijalankan. Pada hari jum’at, 13 Agustus 2021, Masjid Kapal Munzalan telah mendeklarasikan tempat kaderisasi anggota Paskas yang terpilih yang bernama PONDK PASKAS.

Pondok Paskas ini merupakan tempat kaderisasi untuk anggota Paskas yang terpilih dari masing-masing daerah. Pondok ini merupakan kerja sama dari BMI dan Masjid Kapal Munzalan dalam menciptakan kader calon SPA bahkan wakil pengasuh. Kegiatan ini diresmikan langsung oleh pengasuh Masjid Kapal Munzalan, KH. Luqmanulhakim.

Ustadz Luqman menyampaikan bahwa diharapkan meskipun SDM yang dihasilkan tidak banyak tapi memiliki kualitas yang sangat baik karena tugasnya umtuk mengingatkan ummat. Mentalnya harus ketaatan, keteladanan, kepedulian, kemandirian. Semua sifat itu sebenarnya ada didalam sosok Rasulullah dan diharapkan pondok Paskas ini bisa mencetak seperti itu juga.

Untuk kegiatan di pondok ini juga selama 10 bulan untuk masa pendidikan, dan 1 tahun masa pengabdian yang nantinya akan disebar baik itu untuk Masjid Kapal Munzalan maupun mitra yang membutuhkan SDM terbaik. Pada tahap pertama ini dibuka hanya untuk 30 peserta, dan akan diseleksi secara ketat. Jadi tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke Pondok Paskas, selama dia bisa mencapai syarat yang telah ditetapkan maka mereka akan dikirim dari masing-masing daerah untuk belajar di Pondok  Paskas.

Kelas akan dimulai setiap Rabiul Akhir dan berakhir di Muharram, jadi selama masa pendidikan peserta akan banyak terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Materinya juga sangat menarik seperti belajar fiqih, imla’, sejarah peradaban islam dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga beberapa kegiatan ekstra lainnya seperi renang, futsal dan bela diri. Peserta akan dibekali dengan kemampuan sebagai seorang pemimpin yang bisa menjadi pemimpin ummat dimasa mendatang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button