Berita Baik

Anak Itu Adalah Titipan Bukan Dititipkan

Abang kakak yang dirahmati Allah, jika kita sudah mempunyai anak, sangat penting untuk kita mendidiknya ke hal yang positif, menjalin komunikasi, menjalin asuh, asih dan asah yang lebih baik lagi.

Membangun komunikasi dengan anak sangatlah penting untuk kedekatan antara anak dan orang tua. TK Pesantren Anak Sholeh Aulaadul Yamin (PAS AY), mengajarkan kedekatan anak dan orang tua melalui ‘Outbond dan Family Gathering’

Acara ini berlangsung di lapangan sepak bola SMA 8 Ampera, Pontianak, Kalimantan Barat, di mana anak-anak diajak bermain bersama temannya dan juga diajak bermain bersama orang tuanya, guna membangun kerjasama yang lebih dekat.

Kegiatan bermain anak-anak TK PAS AY
Keceriaan anak saat mengikuti kegiatan

Bunda Indah, selaku penanggung jawab Outbond dan Family Gathering, berkesempatan menjelaskan beberapa hal.

“Kegiatan ini untuk membangun komunikasi dengan orang lain, kan biasanya orang tua anak itu ada kesibukan sehari-harinya bekerja. Jadi, dengan melakukan permainan-permainan ini, bisa membangun kerja sama dan emosional antara anak dan orang tua, bisa  jadi saling mengenal dengan orang tuanya tanpa forum yang formal,” ucap Bunda Indah.

“Tugas penting dalam membangun pendidikan anak itu adalah orang tua bukan sekolah ataupun guru, jadi cara membangun kerjasama yang baik, mendidik yang baik dengan cara menghargai anak, melibatkan anak untuk interaksi lebih dekat dan memberikan solusi yang terbaik untuk anak,” lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, TK PAS AY berharap anak-anak bisa dekat dengan orang tuanya, meskipun orang tuanya merasa dekat dengan anak. TK PAS AY berharap, anak dan orang tua akan lebih dekat lagi setelah melakukan kegiatan ini. Nantinya, akan menjadi momen bagi sang anak dan bisa diceritakan kembali di sekolah untuk membangun emosional anak, jadinya anak tidak merasa cuma diantar aja ke sekolah, tetapi diikut sertakan dalam permainan.

Tentunya, kegiatan positif ini disambut baik oleh para orang tua murid, seperti bapak Zainal Arifin, selaku orang tua murid Zikri.

Orang tua menjalin kedekatan dengan anak saat kegiatan

“Alhamdulillah untuk kegiatan Family gathering ini, saya mendukung sekali kegiatan seperti ini. Karena apa?, mungkin kita belum tentu setahun sekali ada kegiatan-kegiatan seperti ini yang bertujuan untuk mempererat yaitu hubungan silaturahmi, pertama dengan anak kita sendiri dengan istri kita dan juga dengan saudara-saudara yang lain yang ada di sini,” ucapnya.

“Karena ini sangat penting sekali, dengan adanya kita dekat dengan anak dan keluarganya, terutama anak. Karena ini adalah titipan ya bukan dititipkan, tapi titipan. Jadi, kita memang perlu dekat sekali, walaupun keadaan kita rata-rata ini terbatas, karena kita memiliki aktifitas masing-masing, dengan adanya momen kegiatan seperti inilah yang sangat luar biasa, sehingga dengan adanya pengalaman yang kita dapatkan disini, pengajaran yang kita dapatkan di sini. Insya Allah bisa kita amalkan di rumah masing-masing yang nantinya akan membuat kita lebih akan dekat lagi dengan anak. Bagaimana caranya kita memberikan kasih sayang kita, bagaimana caranya kita ini menghadapi anak,” tutupnya.

Nah, jadi abang kakak, perlu diingat lagi ya, bahwa anak itu adalah titipan bukan dititipkan, kita sebagai orang tua punya peranan penting untuk memberikan pendidikan yang baik, lingkungan yang baik, demi masa depan anak kita kelak.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button